Archieve..Perjalanan, Catatan, Kenangan

17 11 2009

Terasa janggal dan aneh sebenarnya jika mengikuti perjalanan seseorang ketika sudah sukses, atau mungkin sudah kaya. Mereka itu tentu juga bekerja keras sebelum jadi seperti sekarang ini, bukan dengan ujug ujug mak jleg langsung sugih (kecuali mungkin untuk sebagian orang seperti keturunan hilton atau keturunan bakrie) yang memang bawaan lahir sudah sugih. Seperti yang saya lakukan malam ini pas lagi salah pola karena saya ketiduran jam 5 sore dan bangun setengah 8 malam.

Banyak blog yang saya ikuti. Saya yang termasuk junior karena masuk blogsphere baru agustus 2008. Jauh setelah reramai blog berlangsung. Saya biasa blogwalking kebeberapa blog yang kebetulan saya suka blog itu. Serasa berfikir pas itu saya sedang dimana dan sedang apa. Serta bagaimana kalau saya sedang dalam posisi itu.

Malam ini saya membaca archieve Sir Mbilung Mc Ndobos, salah satu bloger idola saya yang saya ketemu pertama kali lihat ya pakde orangnya sudah seperti itu. Sudah keren dan sudah kaya(*langsung ditraktir). Tanpa saya tahu ternyata beliau baru balik ke Indonesia tahun 2007 (tau dari archieve juga). Mengikuti perjalannya di lebih dari separuh dunia membuat saya membuka mata, betapa sempit rute yang telah saya tempuh di 21 tahun hidup.

Kemudian dari si pakdhe ada link lompat ke blognya Tika, yang juga baru saya ikuti setelah tahun 2008. Waktu itu saya belum nemu archievenya. Dan entah kenapa saya tiba tiba juga pengin membaca archieve nya. Pas pertama kali membaca tentu sudah penuh dengan ciri khas kata “ituh” pake H dan juga kata “owkey”. Jaman 2006/7 dia masih memakai “loe atau gw”.

Terbang pula pikiran saya ke jengjeng legendaris ala mathripe. Mulai dari terpilih menjadi penghuni terbaik jogja, ketika beliau masih menjadi mahasiswa sampai sekarang duitnya sudah meteran itu. Mulai jengjengnya di museum museum dan candi candi di lereng merapi dan sekitarnya berganti dengan jengjeng jabodetabek. Semua terdokumentasi dengan rapi. Ah, inilah gunanya blog. Biar suatu ketika orang bisa bilang “oh, ternyata dulu begini” atau tertawa tawa melihan polah masa muda dulu.

NgeJump kemudian ke blog sodara tua saya di loenpia.net kang budiyono. Postingan jaman tahun 2007an sampai sekarang demikian beralur. Mulai dari dia suka anime(sekarang juga masih). Mulai ketika dia jomblo, patah hati sampai sekarang udah mau babaran (udah punya pacar maksudnya).

Begitu juga pas saya punya pacar blogger juga (ini aib atau kebanggaan? hahaha..i really proud of you dear..). Saya dengan sekejap tahu sebagian kecil memori masa lalunya yang terdokumentasi dengan apik di blognya. Mulai cerita mengenai si itu hingga sampai dengan si anu. Mulai perjalanan dia di kampus hingga tempat sekarang dia mengais berlian di tanah ngapak sana.

Sentimentil memang mengingat semua itu. Semuanya serasa tumbuh. Semuanya serasa dinamis bergerak untuk maju. eh, lha saya koq masih disini saja. Ndak maju maju. Tempat macul yang itu itu saja dengan segala macamnya. Mendadak saya ndak mau jadi orang yang dicritani. Saya mau jadi orang yang memberi cerita. Suwun sedoyo..kalian menginspirasi saya untuk terus maju dan meninggalkan zona nyaman saya sekarang. Bijaksanakah? cukup wise saya rasa.

Saya senang membacanya. Saya seneng di ceritani dan saya merasa begitu. Kalau kata si pakdhe diatas “siapa mau saya dobosi?”

Danindra

Advertisements




aBaTa..nama macam apa ituhhh,,,

14 11 2009

Saya selalu suka sebuah orisinalitas. Sesuatu yang pure, murni dan tentu saja menggelitik IQ jongkoq saya untuk sedikit disuruh bekerja karena terlalu banyak nganggurnya daripada dipakainya. Dan pada suatu siang yang panas di kota tempat saya latihan macul [Magang-red], kekasih saya yang menyempatkan diri kesini tiba tiba mencetuskan sebuah hal baru.

“Aku mau bikin blog baru ah” katanya sambil mengunyah makanan kesukaannya.

dan saya pun menjawab, “buat apa? blog koq banyak banyak, nanti malah gag keurus”.

“Namanya aBaTa, singkatannya Aku Baru Tahu. isinya ntar hal hal yang baru yang sebelumnya aku belum tau”. jawabnya sambil mengunyah bakso krikil yang mirip srinthil (yang gag tau srinthil silahkan gugling).

Saya sahutin dengan antusias, “sip banget deh idenya. orisinil banget. oke deh eksekusi aja. ntar aku nebeng posting deh”.

Sejenak saya mikir kalau dia bercanda mau beneran bikin blog yang akan dikasih nama ABATA itu. tapi ternyata jadi juga. Setelah berumit rumit ria sesiangan

Siang itu dia sms saya “beb, caranya bikin blog baru dengan email yang sama gimana ya?”

Sayangnya nama abata sudah terlebih dulu dipakai orang, semoga dia ndak gelo. trus akhirnya dipilihlah aku baru tahu dot wordpress dot kom sebagai kost2an ide yang baru buat dia. dan sore ini dia sms lagi “beb, coba deh buka blog ku http:akubarutahu.wordpress.com“. eh lha koq wordpress, katanya blogspot. ternyata banyak kesulitan dari blogspot yang kurang user friendly. tapi secara tampilan serta oprekan blospot lebih bagus. eh lha koq malah mbahas wordpress sama blospot. bisa geger nanti dunia persilatan.

Selamat ya, moga bisa jadi tower penampung ide yang selalu siap menampung segala macam bentuk hal hal yang kamu baru tahu..

danindra





Apdet dari Purwokerto

4 09 2009

ist2_407308_backpackers
Penyakit para penulis gadungan seperti saya ini ya malas untuk sekedar membagi apa yang ada di otak untuk dituangkan dalam bentuk tulisan. Kadang sangat susah untuk jujur dan menulis dengan ciri khas diri sendiri. Itulah yang saya alami sekarang. Dan apdet kali ini pun terasa mahal. Hehehe..ya, mahal karena untuk bisa apdet ini saya harus duduk di bus 6 jam lamanya dan membayar ongkos yang tidak sedikit. halah, lupakan.
Ya, saya sedang dalam perjalanan mengunjungi kekasih saya yang masih mengais berlian di tanah purwokerto ini. Sudah cukup lama saya ndak nengok si nyonya kesini, bahkan kemaren sampai si nyonya yang nengokin saya ke padepokan sementara saya di wonosegoro, bandar, batang sana. Dan pas itu saya malah dalam kondisi yang tidak sehat sehingga acara kamipun gagal berantakan.
Ini rincian perjalanan bekpeker nggaya, dangkal, sok tahu dan seadanya berikut tips dan triknya:

route66

1. Rute yang ditempuh,
yak, ini yang pertama harus sampeyan persiapkan sebelum melakukan perjalanan suci mencari kitab miyabi. dalam hal ini rute saya adalah wonosegoro(posko kkn saya), di batang. menuju ke purwokerto. Karena jarak yang lumayan ternyata ngga ada bus yang melayani rute panjang itu. maka saya mengambil bus batang-pekalongan. cukup 2000 rupiah. dilanjutkan dengan pekalongan pemalang, 5000 rupiah, dan barulah bisa mengambil bus jurusan pemalang-purwokerto seharga 20000rupiah. WARNING : jangan percaya bus jurusan pekalongan-purwokerto, kalau nasib anda tidak mau seperti saya. yak, saya dioper di kab pekalongan karena bus rusak, dioper di randudongkal karena bus sepi, dan dioper lagi karena bus perpalan. best choice, ambil bus jurusan pemalang-purwokerto. dan saya pun di charge 35000rupiah untuk rute pekalongan-purwokerto yang saya lewati dengan operan operan tadi. njritt.
Tips : Siapkan kamus berbahasa ngapak, anda akan berhadapan dengan kosakata2 baru yang asing dan menggelitik contoh : njagong mengsol (blm tau artinya apa..anyone?)

2. Siapkan barang bawaan Sampeyan
Saya termasuk orang yang ingatannya hanya selevel bintanglaut merah muda yang hidup di bikini bottom. dari semua yang saya butuhkan, luput2nya pasti ada 20% yang ketinggalan. List dulu barang bawaan yang hendak anda masukkan ke bekpek anda dan yakinkan kalau anda ngga mau mokak(NB : ditulis pas bulan puasa). buat yang mau mokak, sediakanlah es sirup dingin di tas anda, karena minuman di terminal mahal (katahuan nek hampir mokak). Barang2 yang perlu disiapkan adalah : Alat mandi berupa sabun, pasta gigi, sampo, sikat gigi, dan peralatan kemaskulinan secukupnya. Handuk kering kecil, es syrup coco pandan dingin, sebuah biskuat bolu dan koran biar gag bosen.
Tips : Hindari mokak kalau bisa, nek gag kuat ya mokak gapopo dink.

3. Setelah sampai ketujuan, carilah akomodasi yang nyaman sesuai dengan kantong.
Saya lebih memilih sebuah kamar hotel sederhana sesuai kantong saya. Jika pas gag ada duit ada beberapa pilihan tempat istirahat yang lumayan. yang pertama adalah warnet, yak, ambil paketan 5 jam, biasanya 10ribu. anda akan mendapat AC, koneksi internet, dan juga tempat tidur (bilik warnet). yang kedua agak sedikit ekstrim tapi layak dicoba, mesjid, ya rumah allah ini terbuka untuk musafir seperti kita..halah..

Dan akupun bertemu kekasih hatiku
selaksa waktu dan bentangan jarak telah tertempuh
janji telah tertebus,
hutang datang telah terbayar..

Nikmati kotamu kekasihku,
kau punya surga yang indah disini
dengan segala pesonanya
nikmatilah, betahkanlah

dan aku akan selalu mendukungmu
datang padamu, untuk sekedar bercumbu
untuk sekedar meluap peluk bersamamu..

PS I Love You





Sebuah Ketulusan(Cuma Buat anugerah terINDAHku)

17 07 2009

dhaniindah

Menempuh ratusan kilometer, dengan ratusan ribu rupiah terhambur. Ya, kami sedang menjalani itu. Duduk berjam jam sambil terkantuk dipagi hari yang dingin. Ya, dia menjalaninya. Menggeber Tunggangan tersayang menembus kabut wonosobo, melingkar jarak temanggung-purbalingga sebelum aku mencapaimu.

Dan kita tidak akan menggagas itu. Karna kita lakukan ini demi cinta ya sayang. Aku memilihmu. Aku menempatkanmu sebagai anugerah terindahku. Dengan aku yang masih seperti ini. Dengan rupiahku yang masih saja harus aku gali dalam dalam. Dan kita akan lawan jarak itu. Dan kita akan hamburkan rupiah itu untuk beberapa jam pertemuan kita.

huuh

Kisah indah ini dimulai ketika pertama kali kamu mengikuti kopdar akbar ditempat bapak yang baik itu. Disana kita pertama kali bertemu muka. Selanjutnya, wajahbukudotkom yang menyatukan kita.

Sayang,

Jarak itu memang angkuh, dan akan kita gagahi keangkuhan itu.

Sayang,

rupiah itu memang jaim, dan kita akan kristalkan keringat kita demi segenggam kertas bertuliskan angka itu.

Sayang,

Usia itu memang jujur, tapi akan kita tipu dia dengan ketulusan kita dalam saling mencinta.

Dan aku pun jatuh cinta, jatuh sejatuh jatuhnya dalam pelukan hangatnya. Sedalam dalamnya aku melihat wajah polos nan ayu itu, aku hanya menemukan ketulusan. Ya, ketulusan dalam mencintaku. Ketulusan dalam menerima dan mencinta aku apa adanya.

masadi.net

Sebuah kisah yang akan aku tulis adalah kisah klasik. Bukan tentang romeo menakhlukan juliet. Bukan juga saat anjasmara melamar krisdayanti (halah)..

Malam ini, aku memulai cintaku. Aku benar benar memilihmu. Dengan segala kelebihan, dan kekuranganmu…

danindra

PS I love you





Postingan Pas Kangen

5 07 2009

Long_distance_relationship

Yak, buat yang sedang menjalani LDR (Long Distance Relationship) bukan (Long Di** Reduction) kadang yang paling menyiksa adalah saat ketika dihadapkan dengan jauhnya jarak. dangkalnya kantong dan minusnya tabungan.

Dan diposisi ini saya sekarang. Saat saat dimana merasa dia adalah yang paling berharga dan orang yang paling saya sayangi. Kadang ingin sekali merengkuhnya dalam pelukan panjang dan menemani tidurnya. Melihat dia menutup mata dari hari yang begitu menjemukan dikantornya atau sekedar mengantarkan dia pulang ke rumah setelah seharian dia capek bekerja.

holdinghands

Ya. Aku kangen kamu, Neng. Aku kangen lihat muka lugu yang penuh kepolosan itu lewat kaca spion motorku. Atau sekedar melewatkan detik detik indah dengan mengecupnya. Apa sesungguhnya yang membuat saya benar benar sayang dia? Ya, saya suka ketenangannya. Saya suka kebawelannya ketika mengatur saya. Saya suka ketika dia manyun karena saya mengerjainya. Sekadar senyuman tulus itu sudah cukup menghilangkan rasa capek SemarangPurwokerto itu.

Saya suka dia dan benar benar sayang dia. Bagaimana cara dia berbicara. Bagaimana dia memandang arti hidup dan bahkan cara bagaimana dia menjalani hari harinya. physicly, ya, tidak munafik 168 cm / 58 kg itu memukau hati saya. Kemilau panjang rambut itu meneduhkan saya dan menghentikan pencarian saya.

Kalau dia sebuah stasiun, saya harap dia pemberhentian terakhir saya. Kalau dia sebuah pohon, saya harap dia adalah pohon terakhir saya untuk membuat sarang. Kalau dia sebuah lagu, saya ingin dia menjadi soneta terakhir yang pernah saya nikmati.

Dia bisa menjadi siapa saja. Dia bisa menjadi kakak dikala saya butuh sosok yang menentramkan hati. Dia bisa menjadi adik, ketika dia merajuk manja meminta saya untuk tinggal sedikit lebih lama lagi. Dia bisa menjadi teman ketika saya membutuhkan tempat sampah untuk mendengarkan ocehan ocehan saya. Dia bisa menjadi teman hidup dikala saya merasa benar benar sendirian. Dengan semuanya saya mencintai dia. Dengan senyumannya, dengan ketenangannya, dengan keindahan ragawinya, dan dengan ciuman hangatnya(hangat?? panas kalii…)

ldr

Dan sekarang saya terperangkap dalam rasa ini. Rasa yang sebelumnya belum pernah saya rasakan. Apa ini yang namanya kangen? Kalau iya kenapa saya baru bisa merasakan setelah bersama dia? apa ini rindu? kalau iya kenapa tidak datang dari dulu? Apa ini cinta? Kalau iya kenapa tidak seperti biasanya?

arghh, saya bingung. Yang jelas saya sayang dia

PS : I LOVE YOU

danindra





Semarang – Purwokerto Itu…

2 07 2009

PurwokertoSemarang

pwt

Jarak yang sama sekali tidak terbayang sebelumnya. Belum banyak memang kenangan yang terukir disana. Namun sudah cukup untuk membuat saya jatuh cinta pada kota ini dan mengunjunginya disetiap akhir pekan.

Rute sudah saya dapat si nyonya yang memang memburuh disalah satu Perusahaan ngurusin duit disana. Semarang-Ungaran-Ambarawa-Pringsurat-Temanggung-Kreteg-Wonosobo-BanjarNegara-Purbalingga-Sokaraja-Purwokerto. Mbayangin rutenya sepertinya jauh. Perkiraan waktu yang seharusnya 5 jam dapat saya tempuh dalam waktu 4 jam kurang. Untungnya si Meggi (Nama Megapro kesayangan) lagi sehat. Jadinya bisa kenceng.

images

Jalanan Temanggung-Wonosobo membutuhkan skill khusus untuk bisa melaluinya, karena kita dituntut jadi kayak Ninja Hattori (Mendaki gunung lewati lembah). Kanan kiri jurang, jalanya curam dan tidak begitu luas. Satu poin bagus jalannya alus.

Berbekal nekad dan baju seadanya akhirnya perjalanan suci menuju ke barat pun saya mulai. Dari awal saya memang buta sama sekali jalan ke Purwokerto. Hanya dengan nekad saja akhirnya sampai juga. Meningalkan Semarang yang panas menuju daerah dingin jujur membuat badan agak  keder juga. Disekitar Temanggung-Wonosobo saya harus mendobel slayer dengan kaus untuk mengusir dingin yang menyengat hidung.

wonosobi

Sampai di Banjarnegara hujan menyambut. ngga terlalu deras memang, tapi cukup untuk membuat jaket dan sepatu yang kebetulan berwarna putih langsung kotor. dan disinilah ketidakbaikan sebuah kesoktauan terbukti.Karena enggan bertanya saya pun kesasar tidak melewati Purbalingga tapi lurus lewat Banyumas bagian dalam. Harusnya di banjarnegara(tulisannya dipisah atau disambung sie?) saya pertigaan pasar ambil ke kanan tapi saya malah lurus.

Jam 4 kurang saya sudah masuk kota tempat jendral soedirman tinggal ini. Langsung menuju alfa**** untuk beli logistik disana. Jelajah kota dan nyari penginepan yang udah dipesen si nyonya buat saya.

Purwokerto. Nyaman dan ramai. Itu kesan yang pertama saya dapat. Entah saya lagi beruntung atau memang orangnya yang ramah. Semua orang yang saya tanya dijalan berbahasa kromo inggil pada saya. Tapi kalau malam jam 8.30 koq wes sepiii…

Perjalanan capek terbayar lunas setelah melihat senyumnya. Senyum yang hanya bisa dilihat setelah perjalanan 227 KM itu. Setelah 4 jam kuda kudaan dengan meggi dan jalan raya Semarang-Purwokerto itu.

Biar ini jadi cerita buat saya. Ketika saya mengejar cinta saya. Ketika senti demi senti aspal saya ukur untuk bertemu dia. Sekedar melihat senyum itu segala penat sudah hilang.

Thanks purwokerto..Jaga baik baik hati saya.. saya titip dia

salam

danindra





Betmen In Action, Waiting for Jakarta’s Loenpians

24 01 2009

 

loenkumpul

 

Kulonuwun

Malam ini Sabtu, 23 Januari 2009 saya berkesempatan menghadiri kopdar rutin komunitas blogger semarang loenpia.net. kopdar kali ini lain dengan kopdar malam biasanya karena kita akan menyambut kedatangan tukang loenpia cabang jakarta keesokan harinya. malam itu jam 19.30 saya merapat ke kedai burjo singosari, lokasi awal kumpul malam hari itu. okky nisya udah menghadapi sepiring bubur panas dan bibir manyun karena anak loenpia ngaret setelah jam(sorry teh, 19.00 WIB tuh sama dengan 20.00 waktu endonesa bagian loenpia). berturut turut kemudian saya, pepeng, erna dan gerombolan betmen didut, fian, munif, dendi dan teguh merapat ke singosari. suasana mendadak ceria dengan kehadiran dendi.

Mendekati jam 8 kopril koprol pada kami, dilanjut hudatoriq dan pasangan serta traju dan arrie. malam itu loenpia riuh sekali. jam 9 malam kami semua membubarkan diri dan menuju peristirahatan terakhir(lho!!). maksudnya kami menuju markas besar tim betmen, di daerah krapyak, tepatnya wisma mociman abadi jaya, dengan juru kunci dendi. dimarkas besar ini kami melakukan ritual rutin tim betmen ketika kumpul. yak, maen pingpong. disini mas budi dan ariw menyusul kami. pertempuran dimedan pingpong tidak dapat dihindarkan.

Berhahahihi sampai jam 3 malam sampai stamina abis. melek semaleman menemani mas munif dan mas didut yang maen PS. kalah mulu mas didutnya. pasangan budi/ ariw sukses mengandaskan saya dan sopyan. serta menghabiskan perlawanan teguh/ dendi. budi masih jadi jawara sampai sekarang(tunggu pembalasanku….)

Pukul 07.00, 24  januari 2009. loenpia cabang jakarta merapat ke krapyak. mbak wiwik, nila, adam dan ullie. tawa memenuhi kami lagi. seakan melek semalem dan stamina yang abis karena kurang tidur terisi penuh kembali. agenda pagi ini MAEN PINGPONG LAGI…trus ntar malem karaokean trus lanjut ke semawis. jengjeng terus whole the day. 

Thanks buat semua, thanks buat mas dendi buat numpang tidurnya..thanks for all

Maturnuwun

 

Danindra